Menembus Garis Akal

akalManusia adalah mahkluk Tuhan yang paling sempurna. Makhluk ini di lengkapi aplikasi yang lebih lengkap dari pada yang lain. Maka dari itu manuasia di sebut makhluk yang sempurna, hal yang terpenting dari kesempurnaan itu adalah akal yang melekat dalam setiap tindakan mereka. Harusnnya manusia berfikir dulu sebelum mereka bertindak, agar jadi pembeda dengan makluk yang lain.

Akal memang menyimpan banyak hal… dari hal yang terkecil dan hal terbesar dari dunia ini . mari kita obrak abrik garis itu.

Dahulu pembahasan ini sudah secara gamblang oleh para pilosof, bukankah akal memang diberikan untuk berfikir? Pertanyaan yang disajikan tidak harus di jawab. Hal terpenting saat ini adalah untuk apa sebenarnya akal ini. Akal menurut kinerjanya adalah sebagai pengolah apa yang di tangkap oleh panca indra kita dan merespon semuanya itu. Jadi segala hal yang kita rasa , dengar , dan lihat ini harus direspon oleh akal ? benar , jadi dengan ini kita bisa simpulkan bahwa keberadaan akal adalah hal terpenting dalam manusia karena semua tindakan adalah respon  dari akal kita. Kesalahan sering terjadi ketika manusia menganggap akal adalah untuk berfikir saja, akan tetapi semua tindakan kita kita kerjakan entah itu salah apa benar itu adalah karena akal kita.

Jadi akal memiliki 2 hal yaitu menghakimi dan terhakimi. Menghakimi apa saja yang telah tertangkap dalam video panca indra telah terpilah pilah garis besarnya ini hal yang baik dan inilah yang buruk. Akal terhakimi adalah ketika apa yang terjadi itu berakibat buruk bagi tubuh mereka, orang orang biasa menyebut ini adalah penyesalan.

Apa akal bisa di jadikan alat ukur kebenaran?

Hal ini masih di cari mohon dibantu….

Dengan kaitkata , , ,

3 thoughts on “Menembus Garis Akal

  1. lambang berkata:

    aku lebih suka kalau akal untuk berfikir! tapi segala sesuatu untuk penyeimbang perlu istirahat, karena akal bukan robot, jadi pemaknaan istirahat disini dengan refreshing! apapun yg membuat otak jernih kembali.
    BLOGmu uda bagus jus! rapikan yo! punyaku masih jelek tulisanya, nggak karuan!

  2. jerzz berkata:

    visit my blog again
    http://jerzz.wordpress.com/
    http://blackercomputerz.wordpress.com/
    jika ingin tukeran link konfirmasi di blog saya y…

  3. fadlilah purna agustin berkata:

    aku gak nyangka mas begitu pinter bikin kata2 yang mungkin gak semua orang bisa pikirkan. setiap manusia itu akal. mau kemana akal itu dijalankan, tergantung kitanya yang mengerjakan dan mengarahkan. akal bekerja juga dalam suatu pilihan. pilihan untuk menjadi yg baik atau sebaliknya…. te2p sukses buat karirnya…masih bayk cita2 mas yang harus dikejar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: