TAKS PROKLAMASI

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia
dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan d.l.l.,
diselenggarakan dengan cara saksama
dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, hari 17, bulan 8, tahun 45

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno / Hatta

Pembaca teks proklamasi bukan Soekarno

Apa anda adalah salah satu orang yang salah persepsi bahwa: suara Bung Karno membacakan proklamasi itu mengudara juga di radio pada hari yang sama saat Indonesia merdeka.  Hal yang sebenarnya bukanlah begitu  kawan :

Jumat, 17 Agustus 1945, sekitar jam 17:30 WIB. Saat itu  Pak Jusuf sedang berada di kantornya, Hoso Kyoku (Radio Militer Jepang di Jakarta). Tiba-tiba muncullah Syahruddin, seorang pewarta dari kantor berita Jepang Domei dengan tergesa-gesa. (Catatan: Pak Jusuf sempat meralat kebenaran berita bahwa yang datang itu adalah sejarawan Des Alwi). Syahruddin yang masuk ke kantor Hoso Kyoku dengan melompati pagar itu menyerahkan selembar kertas dari Adam Malik yang isinya “Harap berita terlampir disiarkan”. Berita yang dimaksud adalah Naskah Proklamasi yang telah dibacakan Bung Karno jam 10 pagi.

Masalahnya, semua studio radio Hoso Kyoku sudah di jaga ketat sejak beberapa hari sebelumnya, tepatnya sehari setelah  Hiroshima dan Nagasaki di bom oleh Amerika. Jusuf kemudian berunding dengan rekan-rekannya, diantaranya Bachtiar Lubis (kakak dari Sastrawan dan tokoh pers Indonesia Mochtar Lubis) dan Joe Saragih, seorang teknisi radio.

Beruntung, studio siaran luar negeri tidak dijaga. Saat itu juga dengan bantuan Joe, kabel di studio siaran dalam negeri di lepas dan disambungkan ke studio siaran luar negeri. Tepat pukul 19:00 WIB selama kurang lebh 15 menit Jusuf pun membacakan kabar tentang proklamasi di udara, sementara di studio siaran dalam negeri tetap berlangsung siaran seperti biasa untuk mengecoh perhatian tentang Jepang.

Belakangan tentara Jepang mengetahui akal bulus Jusuf dan kawan-kawannya. Mereka pun sempat disiksa. Beruntung mereka selamat. Malam itu pun radio Hoso Kyoku resmi dinyatakan bubar, tetapi dunia saat itu juga sudah mengetahui kabar tentang proklamasi langsung dari mulut Jusuf Ronodipuro. Sayang rekaman suara ini tidak diketahui lagi keberadaannya, atau jangan-jangan sudah tidak ada mengingat malam itu juga radio tersebut ditutup oleh Jepang.

posting ini ku ambil dari alamat wab, kebenaran memang sulit untuk diterima akan tetapi akal sehat pasti akan menjawab itu semua, karena akal sehat menganjak ke dalam kebenaran. anda bisa kunjungi alamat web yang lain agar tahu kebohongan yang lain….

http://suarane.org/?p=191

http://www.duniaesai.com/sejarah/sejarah5.html

Pembodohan dan Pemalsuan Sejarah di Lokasi Proklamasi

Dengan kaitkata , , , ,

3 thoughts on “TAKS PROKLAMASI

  1. JaF berkata:

    Terimakasih sudah melink. Berikut sekedar mengulang kembali beberapa poin penting supaya tidak salah tangkap dari tulisan itu.

    – Pembaca teks proklamasi pertama tetap Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945 jam 10 pagi. Jadi judul di atas tidak tepat.

    – Namun pembacaan proklamasi yang rekamannya beredar hingga sekarang itu bukan rekaman dari tanggal 17 Agustus 1945 melainkan telah direkam ulang beberapa tahun kemudian karena memang saat tanggal 17 Agustus 1945 tidak ada yang merekam suara Bung Karno

    – Pak Jusuf Ronodipuro adalah orang pertama yang menyiarkan proklamasi melalui radio ke seluruh dunia pada malam hari setelah pembacaan proklamasi.

    Rasanya tidak ada kebohongan yang terjadi. Hanya sejarah yang kurang di elaborasi dengan jelas atau mungkin kurang menangkap jelas dari tulisan itu.

    Terimakasih
    Salam kenal

    • yusufamrulloh berkata:

      salam kenal balik,
      memang saya bermaksud membuat pembaca menarik kesimpulan tidak hanya membaca judul tapi membaca isi nya juga.
      keindahan 17 agustus ini menyisihkan sedikit kecacatan klo mereka meyakini bahwa suara yang terdengar diradio itu juga suara bapak proklamasi.
      tanks jaf….

  2. ungkapkan berkata:

    kuk kamu sebute sadis banget hixshixs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: